VB 2005 : mematikan Auto Generate Kolom pada DataGridView

Posted: November 30, 2008 in VB .Net

Dulu saya selalu kesulitan dalam menggunakan DataGridView karena belum tau ada property AutoGenerateColumns. Property ini jika bernilai true (true adalah nilai default) akan menyebabkan komponen grid mengenerate secara otomatis kolom-kolom/field-field yang ada dalam query data sourcenya, walaupun dalam grid itu sendiri telah kita atur kolom-kolomnya.

Karena terbiasa menggunakan VB6, yang penggunaan gridnya sangat mudah, saya jadi bete banget.., karena saya harus memperhatikan sekali query yang saya buat, agar tidak memunculkan kolom yang tidak diinginkan untuk muncul (maklum banyak dari kita yang terbiasa menggunakan wildcard * dalam query).

Akhirnya suatu saat saya tau juga bahwa dalam komponek DataGridView ada property AutoGenerateColumns yang berfungsi untuk mengatur apakah kolom akan otomatis disesuaikan dengan isi field-field yang ada pada query data sourcenya atau tidak.

contoh pemakaiannya :

' enable auto generate columns (default value)
Me.DataGridView1.AutoGenerateColumns = False


' disable auto generate columns
Me.DataGridView1.AutoGenerateColumns = False

Tinggalkan Balasan

