Kami cari Jurusan Teknik Informatika yang S.KOM

Posted: November 20, 2008 in Journey

Kami cari Jurusan Teknik Informatika yang S.KOM, ini adalah kata-kata yang masih terngiang-ngiang ditelinga saya ketika memasukan lamaran CPNS di PEMDA Singaraja Bali.

Kebetulan saya adalah Sarjana Teknik Informatika yang mempunyai gelar ST, saat daftar CPNS, petugas verifikasi meragukan kualifikasi saya, karena gelar bukan S. KOM, tetapi setelah diskusi dan memeriksa transkrip nilai, mereka percaya juga, dah lulus verifikasi. Lebih parahnya lagi temen-temen saya di Gianyar, mereka ditolak mentah-mentah karena bukan S. Kom.

Dari hal diatas yang salah siapa sih? Institusi tempat kita belajar atau petugas Verifikasi…? Jika jawabannya Institusi, menurut saya untuk menyelenggarakan program itu harus ada standar dari DIKTI apalagi sudah terakreditasi secara nasional, jadi institusi nggak bisa disalahkan. Kalau jawabannya adalah Petugas Verifikasi, berarti mereka tidak mengakui keberadaan institusi tersebut dan itu mungkin bisa dikategorikan melanggar hukum…, bener nggak?, kalau pendapat saya pribadi, petugas verifikasi perlu banyak belajar, membuka mata, lulusan Teknik Informatika itu nggak harus S. KOM, dijogja kebanyakan ST (UPN, Sanata Dharma).

Nah Kenapa ST…?, wajar dong karena saya kuliah dijurusan Teknik Informatika yang berada di Fakultas Teknologi Industri. Mungkin yang aneh itu yang S.KOM, Teknik Informatika kok ya S. KOM, kalau Ilmu Komputer Wajar…, tapi argumen saya bisa termentahkan jika melihat kata Informatika, yang merupakan bagian dari komputer.

Kalau dilihat dari kaca Computer Curricula, Teknik Informatika itu lebih banyak ke hubungan antara perusahaan dan IT, jadi bukan studi di komputernya, melainkan memberikan solusi pada industri mengenai IT…, apa hubungannya ya…? ha ha…

Pokoknya ya gitulah.

Tinggalkan Balasan

