Develop Program Koperasi Simpan Pinjam Pake VB 6 + MySql 5

Posted: April 29, 2008 in Journey, VB 6

Bulan ini ada pesanan dari salah satu Koperasi Simpan Pinjam (Konsim) untuk buat program operasionalnya, yang mereka minta cuma modul Simpanan saja, ternyata rodo angel…, bukan masalah codingnya tapi masalah sistemnya, tau sistemnya cuma lewat bos tanpa bertemu langsung dengan customer, bos yang konsul ke orang koperasinya. Yang parahnya orang Koperasinya nggak punya aturan baku khususnya dibagian pemberian bunga simpanan, jadi saya harus googling referensi2 sistemnya, ke websitenya BI untuk cari artikel2 tentang perhitungan bunga, kliring, dsb.. dan kebetulan nemuin manual book  dari salah satu program Konsim yang sedang diiklankan…

Tools :

Language : Visual Basic 6 pengennya pake VB .Net 2005 tapi programnya butuh cepet jadi pake VB 6 saja.

Database Engine : pake MySql 5, cukup komplit, sudah mendukung Foreign Key, Trigger, View, Store Procedure, tapi untuk SP saya jarang pake, karena saya lebih hobi lempar SQL dari program sendiri. Untuk DB engine nya, sebenernya saya lebih condong ke SQL Server 2005 Express Edition atau Oracle 10g XE yang saya pikir cukup untuk usaha2 kecil, tapi bos minta pake MySql saja, karena selama ini dah terbiasa dengan MySql sehingga nggak kesulitan dalam implementasinya.

Reporting : pake Crystal Report 8.5 plus Ms. Excell

Komentar
  1. thebugzlab mengatakan:

    wah mau donk diajarin VB lagi tertarik dengan programing ne:p

  2. aozzaa mengatakan:

    wah aku juga msalah ma bwt p[rogram koperasi ne, bwt ta… tapi bingung banget gmn…. cozzz lom da contohnya???

  3. Yus mengatakan:

    bro…!!
    saya lagi belajar, minta source code :
    Develop Program Koperasi Simpan Pinjam Pake VB 6 + MySql 5
    trus, cara2nya bagaimana…?
    saya tunggu di : eto.daeli@gmail.com

    • astawan mengatakan:

      maaf beribu-ribu maaf mas Yus…, kalau source codenya secret banget, punya perusahaan, bisa-bisa saya dibunuh bos.. he he.
      BTW mulai aja dari yang kecil, Anggota (pendaftaran anggota), Jenis Simpanan, Transaksi Simpanan (Setoran, Penarikan, Hitung bunga), Pinjaman, Angsuran Pinjaman. Saya yakin lama-lama pasti akan berkembang menjadi besar dan bagus.

  4. arul mengatakan:

    aku juga pernah buat program vb6+mysql, tapi saya lebih suka pake stored procedure ketimbang pake query langsung, karna lebih gampang mengatur manajemen transaksi untuk query lebih dari satu pada saat yang sama.

  5. vd mengatakan:

    pagi mas, aku lg buat program untuk koperasi kecil-kecilan pake vb6+mysql, aku mo tanya nih mas tahu coding buat print struk kasir biar kertasnya ga terus roll sampai abis, mohon pencerahannya ya, thanks

    • astawan mengatakan:

      Untuk print kan ada banyak cara, bisa langsung lewat port (ini sedikit ribet dan kedepannya banyak yang nggak support com dan LPT), bisa juga pakai metode .EndDoc (ini lumayan bagus tapi nggak bisa print preview), bisa juga ditransfer ke Excell (ribetnya metode ini aplikasi excell harus tersedia dikomputer yang akan diinstall, tapi sangat flexible dan mudah digunakan, kalau mau lebih praktis lagi, gunakan TrueDbGrid Pro 7, karena bisa langsung export grid ke excel), bisa juga pake Crystal Report (sedikit merepotkan, tapi cepat)

  6. fany mengatakan:

    Manualnya dapat dari mana mas… kasih link nya donk..

Tinggalkan Balasan

