Sulitnya Binding Data ke JTable adalah Salah Satu Kelemahan Java

Posted: April 29, 2008 in Java

Biasanya dalam membuat aplikasi menggunakan VB 6 atau VB .Net, komponen yang sangat penting dan paling sering saya gunakan untuk menampilkan data adalah DataGrid untuk VB 6 dan DataGridView untuk VB 2005. Dengan komponen tersebut kita dengan mudah merepresentasikan data untuk laporan ataupun untuk lainnya, tinggal Set [datagrid].datasource=[recordset] untuk VB 6 dan [datagrid].datasource = [dataTable/dataview/dl] untuk VB 2005.

Karena tertarik dengan program java saya coba membuat aplikasi menggunakan java 5 SE (sekarang dah tak upgrade ke java 6) , dengan menggunakan editor Netbeans 5.5 (sekarang versi 6) untuk membuat aplikasi berbasis desktop. Menariknya dijava menurut saya adalah Multi Platform nya dan kekuatan di skala Enterprisenya, juga dukungan komunitas (JUG) yang sangat aktif.

Dengan editor Netbean saya mencoba membuat aplikasi berbasis Swing, permasalahan mulai saya temukan ketika hendak menampilkan data dalam bentuk grid yaitu dengan menggunakan JTable, ternyata penggunaannya bertele-tele, kita harus membuat TableModel kemudian looping resultSet baru kemudian set ke JTablenya. JTable juga kurang flexible, pengaturan properties kolom cukup sulit.

Dengan kasus tersebut saya berfikir ini adalah salah satu kelemahan Java di aplikasi desktop (IMHO), atau mungkin saya yang terlalu terbiasa dengan sintak VB. Tapi seharusnya menurut saya binding data ke JTable harus dibuat mudah, VB aja bisa kenapa Java nggak bisa, ini merupakan PR untuk Sun dalam mengembangkan java khususnya komponen Swing untuk Aplikasi Desktopnya.

 

Komentar
  1. ryu mengatakan:

    wah, benar tuh mas😉
    emang sulit pake JTable utk display data dari database

  2. Jeffri mengatakan:

    itu adalah harga yang harus kita bayar untuk berjalan di lintas platform. bisa saja sun membungkus yg bertele tele itu dalm satu method atau fungsi. sebenarnya di vb prosesnya juga panjang jika source c language code [datasource].datagrid
    dibuka. contoh waktu anda buat form di VB source code itu kira2 1 lembaran jika anda cetak

  3. echo mengatakan:

    sebenarnya gak sulit kalo kita bisa mensiasatinya, coba gabungkan kemampuan resultset dengan tabemodel, so anda bisa membuat JTable semudah membuat datagrid dalam VB atau Delphi. saya sich lebih senang dengan JTable daripada DataGrid, selain bisa kita manage sesuka kita, JTable juga memberikan keleluasaan kita untuk mengeksplor tabel yang akan kita buat🙂

  4. astawan mengatakan:

    @Echo
    Suatu saat mudah-mudahan saya bisa seperti anda, mengexplorasi JTable dan menemukan keunggulan dan kemudahannya.

  5. anezch mengatakan:

    Coba pakai NetBeans 6.1. Sudah ada mekanisme binding antara EntityManager (untuk DB) dengan JTable. Jadi membuat aplikasi DB jauh lebih mudah. Malahan sudah ada project wizard-nya untuk membuat aplikasi desktop yang menggunakan database.

    Membandingkan VB dengan Java tidak adil. JTable menggunakan konsep MVC (Model-Viewer-Controller). Lebih rumit, tetapi semakin sering anda menggunakannya, akan semakin mudah, dan kemungkinan variasi aplikasi yang anda dapat buat menjadi jauh lebih luas.

    Cheers

  6. astawan mengatakan:

    @anezch

    Saya dah dapat DVD SDK Netbeans 6.1, beberapa tutorial dah saya lihat demonya, ternyata menarik juga.
    Thanks..

  7. ipull2010 mengatakan:

    java is the best…
    mari terus belajar kang…

    • astawan mengatakan:

      ha ha ha… tul, saya sudah mulai mengerti alur-alur yang digunakan oleh java, untuk jTable ada TableColumn, TableColumnModel, CellRenderer.. dll. Memang makin lama makin asik, tapi masih belum bisa dibawa cepat, karena aturan-aturan yang ketat. Kesimpulannya !! harus banyak belajar…

  8. ataherster mengatakan:

    mantap, saya juga baru belajar java, terkendala di JTable😀, susah banget ya, hehehe

Tinggalkan Balasan

